Senin, 28 Juli 2008

RESEP BAKSO

Bakso akan lebih nikmat bila ditemani dengan tahu goreng yang sudah diisi adonan bakso

Bakso....meskipun belum bulat penuh...tapi nikmat!! maklum masih amatiran

Bakso yang sudah siap saji.....

Hari Minggu seperti ini biasanya anak2 makannya sering karena libur, nah masakkan apa yang tinggal menghangatkan dan di sukai anak2ku maka pilihan jatuh ke bakso.
Jam 7 pagi saya berangkat ke pasar, sebenarnya ini sudah kesiangan dan saya takut sudah tidak dapat daging yang bagus. Karena niatnya baik ....dapatlah daging yan baru n yang penting penggilinganya masih buka. Resep ini menurut saya yang sangat istimewa, karena semua bumbu digoreng terlebih dahulu maka bau kuahnya tidak menyengat(orang jawa bilang langu). Saya pernah ikut kursus membuat bakso tapi kurang cocok, setelah mencoba dan mencoba akirnya reresep ini yang paling pas menurut saya. Teman2 yang sudah mencoba resep ini juga mengaku puas (untuk sementara ini) ya mbak restu n mbak wiewien.
Bahan bahan nya:
* 1 Kg daging sapi, pilih yang silap atau kalau gak ada has juga boleh yang penting masih baru dan tidan ada lemaknnya
*Tepung kanji 1/4 Kg
*telur ayam biasa 2 butir
*3 sendok makan bawang goreng(menggorengnya diiris tipis2 seperti membuat brambang goreng)
*2 sendok makan brambang goreng
*garam kira2 2 1/2 sendok makan (atau terserah sesuai selera)
*masako rasa sapi 1 bungkus yang harga Rp. 500,- Jangan semuanya karena sisanya untuk membuat tambahan kuah.
Bahan Pelengkap:
Soon, kubis, brambang goreng,bawang prei, seledri dan kalau suka boleh ditambah tahu yang sudah digoreng kemudian diisi adonan bakso yang masih mentah dan dikukus selama 30 menit.
Cara Membuat:
Serahkan ke bagian penggilingan bakso maka mereka sudah tahu dan dengan catatan daging yang akan digiling harus sudah diiris kalau 1 Kg kira2 menjadi 15 buah, kemudian bahan2 tersebut jangan dicampur dulu biar bapak yang bagian penggilingan yang mencampur.
Setelah sampai rumah segera jerang air pada panci yang agak besar, tetapi jangan sampai mendidih(panas gitu aja) kemudian siapkan air dingin pada mangkok dan sendok untuk mencetak.
Setelah selesai dicetak biarkan bakso matang setelah itu angkat dan tiriskan.
Sekarang kita membuat kuahnya bumbu2nya bawang putih 6 siung, merica bubuk secukupnya, garam secukupnya dan sisa masako tadi. Bumbu tersebut dikeprek boleh atau di haluskan juga bisa kemudian ditumis sampai harum lalu kita masukkan pada kaldu bakso tadi, biarkan mendidik, matikan kompor dan masukkan bawang prei yang sudah diiris halus. Selamat mencoba, bagi semua yang memerlukan silahkan dicopy........




Tidak ada komentar: