Senin, 12 Oktober 2009

SAMBAL TEMPE





Sajian kemarin saya masak waktu hari Raya menemani ayam masak pedas....Sumber resep ini dari tabloid Nyata Edisi 1994....
Tapi gak semua sesuai resep karena takut kolesterolnya tinggi unsur telur puyuh ditiadakan , juga gak punya persediaan kapri.

Sebagai gantinya saya tambah dengan hati dan ampela ayam satu pasang

Ingredients:
Tempe 250 gram potong dadu
Telur puyuh rebus 20 butir, kupas./ saya ganti dengan hati ampela ayam
Kapri 50 gram..pas gak ada persediaan jadi gak pakai
Petai 1 papan, belah jadi 2
santan 500 ml
daun salam 2 lembar
daun jeruk purut 2 lembar
lengkuas 1 ruas memarkan
cabe rawit utuh 10 buah
cabe merah besar 2 buah buang biji iris tipis2
garam secukupnya
gula 1 sdm

Bumbu Yang Dihaluskan:
bawang merah 5 buah
bawang putih 3 buah
cabe merah 3 buah
kemiri 2 butir, sangrai
jahe 1 cm
kunyit 1 cm


Directions:
-Karena saya pakai hati dan ampela saya rebus dulu sampai empuk kemudian potong2 dadu.
-Haluskan bumbu dan tumis dengan daun salam, daun jeruk, lengkuas hingga harum.
-Masukkan tempe, pete, hati ampela dan santan. Aduk rata, masak di atas api kecil hingga mendidih.
-Tambahkan irisan cabe merah dan cabe rawit. Masak hingga bumbu meresap dan kuah mengental. Angkat dan sajikan dengan ditaburi bawang merah goreng.

Tidak ada komentar: