Minggu, 26 Juli 2009

SOTO BETAWI






Description:
Terinspirasi foto wall teman FB yaitu Dahalia tentang soto betawi jadi kepingin buat he..he,,latah yang positif gak pa pa ya...
setelah lihat2 resepnya jeng Indah kok banyak sekali rempahnya,ada kayu manis,pala dll dan alhamdulillah yang gak ada dirumah cuman cengkihnya aja...
Bener sekali setelah soto matang harumnya rempah menebar sampai kemana mana, dan kebetulan hari Minggu anak2 pas dirumah ya......langsung nyicip dan bilang "seger dan enak ma ", senangnya ....
makasih ya Jeng Indah resepnya..kalau ingin lebih jelas bisa dilihat disini...
http://jengindah.multiply.com/recipes/item/6/Soto_Betawi_...cuma
He..he..ada yang kurang kelengkapannya karena pas gak ada stok jadi ya seadanya secara mo keluar udah panas sekali....

Ingredients:
Bahan :
1 Kg daging bagian kisi / kalau diresepnya campuran daging, babat, dan paru sapi.
5 butir cengkih.....saya gak pakai
1/4 sdt jinten...kata jeng Indah seharusnya ada ini
8 cm kayu manis
6 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk
1 ruas besar lengkuas
1 ruas jahe
4 batang serai
300 ml santan kara...saya pakai setengahnya
garam secukupnya
1 sdm gula pasir

Bumbu yang dihaluskan :
10 buah bawang merah
6 siung bawang putih
4 buah kemiri
1 buah pala...saya pakai separohnya...
he..he..saya kasih dikit kunyit...ide saya

Bahan pelengkapnya :
4 batang seledri iris halus
1 kg kentang potong dadu goreng...karena gak ada stok kentang saya ganti toge seduh
3 buah tomat, potong2 sesuai selera
bawang goreng secukupnya
sambalnya cabe rawit direbus sama 1 siung bawang putih trs dihaluskan
jeruk limau...saya pakai jeruk nipis
acar...saya gak pakai
emping belinjo...saya ganti dengan kerupuk udang

Directions:
-Rebus daging dengan serai,daun salam,daun,jeruk,lengkuas,jahe,cengkih dan kayu manis samapi empuk.
-Haluskan bumbu kemudian tumis dengan minyak goreng sampai harus.
-Masukan bumbu ke kaldu kuah.
-Tambahkan santan sambil diaduk pelan2 dan tambahkan garam serta gula sesuai selera.
-Potong2 daging sesuai selera.

Cara penyajian :
Siapkan mangkuk saji dan taruh kelengkapannya seperti kentang daging dll, lalu taruh tomat iris, daun seledri dan bawang goreng, terakir siram dengan kuah soto betawi

Tidak ada komentar: